Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Minggu, 29 Mei 2011

Pengertian agribisnis

Pengertian Agribisnis menurut suku katanya berasal dari kata Agri dan bisnis. Agri adalah Pertanian sedangkan bisnis adalah usaha yang menghasilkan uang, dengan demikian pengertian Agribisnis adalah setiap usaha yang berkaitan dengan kegiatan produksi pertanian, yang meliputi pengusahaan input pertanian dan atau pengusahaan produksi iru sendiri atau pun juga pengusahaan pengelolaan hasil pertanian ( Sjarkowi dan Sufri, 2004). 

Sebagian besar penduduk Indonesia tinggal dan hidup di pedesaan yang umumnya hidup dan berusaha di bidang pertanian adalah juga merupakan bagian dari agribisnis, dari setiap petani memelihara tanaman dan hewan guna mendapatkan hasil yang bermanfaat. Peranan lainya yang dilakukan petani dalam usaha taninya adalah sebagai pengelola. Apabila keterampilan bercocok tanam sebagai juru tani pada umumnya adalah keterampilan tangan, otot dan mata maka keterampilan sebagai pengelola mancakup kegiatan pikiran didorong oleh kemauan. Tercakup didalamnya terutama pangambilan keputusan atau penetapan pilihan dari alternatif-alternatif yang ada dan merupakan prilaku petani ( Mosher,A.T., 1969) 

Dampak penerapan Teknologi Pengendalian Hama terpadu ( Didi Juhandi, 1997). Perilaku meliputi :
1)Pengetahuan yaitu hal-hal yang berkaitan dengan apa yang mereka ketahui. 
2)Sikap yaitu hal-hal yang berkaitan dengan apa yang mereka pikirkan dan rasakan. 
3)Tindakan yaitu hal-hal yang berkaitan dengan apa yang mereka kerjakan. Perubahan perilaku tersebut diarahkan agar petani dan keluarganya mampu dan 
sanggup bertani lebih produktif dan lebih menguntungkan serta dapat hidup lebih sejahtera.

0 komentar:

Posting Komentar