Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Minggu, 29 Mei 2011

ASPEK-ASPEK MANAJEMEN KOPERASI Part 1


Sesuai dengan fungsi-fungsi yang terdapat dalam setiap perusahaan termasuk Koperasai, maka penerapan masing-masing fungsi manajemen itu memerlukan penjabaran lebih lanjut. Dalam garis besarny, fungsi-fungsi yang terdapat dalam setiap Koperasi dapat dibedakan atas dasar fungsi operasi, fungsi keuangan, fungsi pemasaran, serta fungsi administrasi dan umum.

MANAJEMEN OPERASI
Manajemen operasi adalah salah satu aspek dari manajemen koperasi yang memusatkan perhatiannya terhadap pengelolaan variable-variabel kunci yang menentukan tercapainya efisiensi dan efektifitas kegiatan utama koperasi secara optimal. Manajemen operasi dapat di bagi atas beberapa manajemen lain yang mencakup manajemen operasi, yaitu:

-Manajemen masukan
Yang
dimaksud dengan masukan dalam hal ini adalah bahan baku yang digunakan dalam proses produksi tersebut. Sehubungan dengan bahan baku ini, maka pertama-tama pengurus koperasi harus bisa menentukan sumber pengadaan bahan baku yang paling murah dengan kualitas yang memadai.

-Manajemen Peralatan dan SDA
Pengurus koperasi harus menentukan secara cermat jenis alat produksi yang hendak digunakan, serta jumlah dan kualitas sumber daya manusia yang akan melaksanakan proses produksi tersebut.

-Manajemen Keluaran
Pengurus koperasi harus dapat menentukan secara tepat baik jumlah satuan yang akan dihasilkan yang dapat diserap oleh pasar, maupun standar kualitas tertentu sesuai dengan sasaran pasar yang ingin diraih. Selain itu, agar proses produksi ini dapat dijalankan dengan biaya serendah-rendahnya, dengan keluaran yang memenuhi standar kualitas tertentu, maka standar penyusunan produksi dam biaya merupakan kebutuhan yang mutlak sifatnya pada tahap produksi ini.

0 komentar:

Posting Komentar